Beranda » Gratis » Instagram Marketing

Instagram Marketing

T Diposting oleh pada 30 November 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 115 kali

 

Instagram ini sudah gak asing lagi bagi online shopper. Bahkan hanya dengan Instagram omset bisa meledak hingga milyaran.

Sekarang giliran anda! Gunakan Instagram untuk pemasaran bisnis anda. Jika anda sudah punya akunnya, mari kita optimasikan..

Berikut ini tugas Instagram untuk Bisnis anda :
1. Menjaring target pasar ( untuk jadi follower )
2. Rutin berbagi konten ( tips, trik, artikel, inspirasi, video, dll )
3. Melakukan pendekatan dengan Audiens
4. Jualan dengan foto produk yang menggoda
5. Menggiring follower untuk meng-KLIK toko online anda
6. Iklan Berbayar

 

Sekarang tugas anda, buat akun Instagram terlebih dahulu. Nama akunnya sesuaikan dengan bisnis anda.
Untuk membuat Isntagram, rasanya saya tak perlu membuat tutorialnya. Rasanya dijaman yang serba canggih ini, keterlaluan kalo buat akun instagram aja gak bisa..

Ok, lanjut yaaa…

Instagram ini enaknya, berisi display foto produk kita. Jadi bisa disebut catalog dunia maya! Seru..

 

Sebelum kita bahas, anda perlu tahu dulu bahasa instagram. Agar mudah mengerti.
Di instagram ada kata Caption, Hastag, Paid Promote, Endorse, dll. Apa itu?

Caption itu adalah > simple nya, caption adalah kata – kata yang anda sertakan setiap kali anda
meng-upload foto. Atau istilah lainnya DESKRIPSI PRODUK.

Hastag adalah > simple nya, hastag adalah kata – kata yang awalnya menggunakan tanda pagar. Contohnya > #OptikHebat #DiskonKacamata
Nah itu Hastag.

Hastag ini penting! Kenapa? Karena orang kalo searching di Instagram, bisa berdasar hastag. Jadi lebih seperti SEO tugasnya.
Misal anda buat Hastag > #KacamataMurah. Nah, ketika ada orang yang searching dengan kata – kata “KacamataMurah”, foto anda akan ikut muncul di dalam daftar pencarian Instagram. Peluang!

Paid Promote > Simple nya, paid promote itu jasa promosi berbayar oleh akun – akun besar ( akun banyak follower ) yang mempromosikan akun Instagram milik kita. Salah satu yang bisa paid promote akun > @inilucu

Endorse > Endorse ini sederhananya, produk anda dikirim ke artis / tokoh / selebgram ( Selebrity Instagram ) yang followernya besar, kemudian setelah produknya sampai ditangan artis tersebut, mereka kemudian memposting foto dengan produk anda. Sehingga harapannya followernya akan penasaran dengan produk anda. Ada artis yang berbayar untuk endorse ada juga yang gratis.

 

Instagram ini enaknya, para pengguna instagram rata – rata menengah keatas. Sehingga, jual nya enak. Gak banyak nawar dan langsung beli. Wuenak! Hehe

 

Menjaring target pasar ( untuk jadi follower )

Supaya jualan anda laris, maka perbanyak dulu prospek nya. Arti lain, perbanyak dulu followernya.
Memang siapa yang mau beli kalo gak ada follower? Follower ini tentu harus TARGET MARKET. Seperti yang saya bahas di materi Facebook. Bahwa teman anda harus tertarget.

Nah di Instagram juga demikian. Jaring orang – orang untuk jadi follower anda. Dan pastikan dia adalah TARGET MARKET anda. Jangan salah bidik.
Banyak follower tapi kalo mereka bukan target market : PERCUMA
Follower banyak dan mereka adalah target market adalah ASET

 

Sekarang bagaimana agar follower anda bertambah di Instagram?
1. Anda bisa gunakan cara GRATIS
2. Anda bisa gunakan cara BERBAYAR

Mari kita Mari kita bahas satu persatu…

Menjaring follower dengan cara GRATIS

Ini yang saya lakukan. Untuk mendapatkan follower yang banyak, gunakan cara gratisan ini. Bagaimana caranya?

Pertama, anda temukan dulu siapa target market anda. Dan cari “mereka ada dimana”. Arti lain, mereka jadi followernya siapa?

Misalkan anda jualan Baju Wanita. Maka besar kemungkinan, target market anda akan menjadi follower akun – akun seputar wanita. Seperti @faktawanita @tentangwanita, contohnya. Atau juga target market anda akan jadi follower akun yang jualan serupa dengan anda.

Misal saya jualan kacamata. Maka saya membidik follower nya akun @optikseis. @optikseis ini followernya lebih besar dan besar kemungkinan followernya adalah orang – orang yang tertarik dengan kacamata.

Paham ya?

Kedua, setelah anda tau target market anda ada dimana, selanjutnya FOLLOW mereka terlebih dahulu. Follow sebanyak – banyaknya. Dengan harapan mereka akan FOLLOW BACK anda.

Kalo mereka follow back anda, dan mereka adalah target market anda, tinggal lakukan pendekatan dengan sering – sering berbagi hal – hal yang bermanfaat. Setelah itu >> JUALAN!

Tentu ada aturannya. Anda gak bisa follow terlalu banyak. Nanti akun anda bisa kena BANNED. Dan akun anda akan di hanguskan.
Aturannya anda cukup follow 100 pagi, 100 siang dan 100 malam. Biasanya ada sekitar 10 – 20% yang akan follow back anda.

Lakukan terus menerus. Jangan bosan. Nah seperti biasa, setelah 5 hari, lakukan pembersihan. Orang – orang yang tidak follow back anda, segera unfollow.

Semua ini ada caranya. Ada tools nya. Anda bisa melakukan semua dengan waktu yang cepat. Gak perlu pakai cara yang manual.\

Apa itu tools nya? gunakan aplikasi ini >> Crowdfire
Ini tersedia di hp anda. Tinggal di download melalui App Store.
Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi ini melalui PC. Tentu harus online. Kunjungi crowdfireapp.com

Ingat! Bidiklah TARGET MARKET anda.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Crowdfire ini?  nanti kita bahas lagi ya….

 

Menjaring follower dengan cara BERBAYAR

Anda bisa menjaring follower dengan cara berbayar. Budget yang perlu anda siapkan variatif. Mulai dari 100 Ribu sampai 5 Juta juga ada.
Cara berbayar ini adalah langkah TERCEPAT, agar bisnis anda dikenal.

 

Cara berbayar seperti apa yang bisa anda lakukan?
1. Paid Promote
2. Endorse
3. Paid Keroyok
4. Paid Keroyok Target

Paid Promote
Paid promote ini anda ngiklan di akun – akun besar yang jumlah follower nya besar. Anda membayar, lalu akun tersebut akan menyusun jadwal tayang. Dan Foto produk anda akan ditayangkan ( Di posting ) oleh akun tersebut. Sehingga harapannya, follower akun besar ini akan melihat postingan iklan tersebut, kemudian akan follow akun anda. Dan terjadi penjualan.

Untuk berhasil menggunakan Paid Promote, anda perlu melihat akun nya terlebih dahulu. Apakah follower nya sesuai dengan target market anda?
Jangan sampai anda jualan baju khusus laki – laki, lalu ngiklan di akun yang sebagian besar followernya wanita.

Endorse
Endorse ini produk anda di rekomendasikan oleh seorang selebriti, selebgram, selebtwit, tokoh, pakar, dll.

Tentu orang tersebut memiliki follower yang banyak dan sangat berpengaruh terhadap followernya. Setiap kali memposting sesuatu, followernya akan melihat, me-like, setuju, percaya, dll.

Maka jika produk anda di ENDORSE oleh selebriti, selebgram, tokoh, pakar, dll, kemungkinan produk anda akan cepat dikenal dan bisa cepat LARIS.

Hanya saja, INGAT! Target market anda tetap penting. Jangan asal selebriti, jangan asal tokoh, kalo target marketnya gak pas, buat apa di Endorse oleh mereka? Gak NGEFEK.

Misal anda jualan hijab, lalu minta di Endorse oleh tokoh laki – laki yang besar kemungkinan followernya laki – laki.

Ngapain minta di endorse ke dia? Kan gak nyambung..

Contoh, saya sering di Endorse oleh Teman  saya. Tentu sangat pas dengan BRANDING saya dan TARGET MARKET saya. ( Artinya Bisnis yang saya Jalankan TARGET MARKET saya )

Follower Teman saya adalah para pengusaha. Dan target market saya adalah para pengusaha. Lalu Jika saya di Endorse oleh beliau, Jelas lah laris. TEPAT SASARAN.

Tentu saja, Teman saya tersebut  banyak jasa nya untuk perkembangan setiap bisnis yang saya jalankan.

Jika saya berjalan sendiri, tanpa ada yang merekomendasikan dan tanpa ada yang ENDORSE, mungkin perkembangannya sangat LAMA.

Endorse ada yang berbayar ada yang GRATIS.
Tentu, saya tak bayar satu rupiah pun kepada Teman saya tersebut  untuk merekomendasikan Bisnis – bisnis saya.

Bagaimana itu bisa terjadi? SILATURAHMI, KREDIBILITAS Dan tentu kualitas yang berbicara.
Jika anda ingin produk anda di rekomendasikan oleh seorang tokoh, selebriti, dll secara GRATIS,

maka…

tunjukan kualitasnya dan bangun silaturahmi. Jangan lupa kredibilitas anda.

Jika ingin cara cepat? Maka gunakan yang BERBAYAR. Anda bisa membayar terutama Selebgram atau akun – akun yang besar follower nya untuk meng-ENDORSE produk anda.

Cari di IG akunnya. Lihat kontaknya, lalu mintalah untuk endorse produk anda. Biaya yang dikenakan sekitar 200 – 1 Juta.

Paid Keroyok
Paid keroyok ini, iklan anda akan di keroyok oleh beberapa akun. Jadi di iklankan oleh banyak akun. Bukan hanya satu akun. Anda bisa mencari jasa ini dengan mencarinya di Instagram melalui kolom pencarian. Gunakan hastag >> #PaidKeroyok

Paid Keroyok Target
Di kalangan anak – anak IG, ini disebutnnya PK Target. Sistemnya hampir sama dengan paid keroyok yang diatas. Hanya ini ada target. Target follower.

Jadi iklan anda akan di tayangkan sampai mencapai target follower yang anda inginkan.

Misalnya, target 1000 follower. Maka, iklan akan terus menerus berjalan sampai capai 1000 follower. Berapa biayanya? Sangat variatif. Mulai dari 300 ribu.

 

Rutin berbagi konten ( tips, trik, artikel, inspirasi, video, dll )

Seperti biasa, ini adalah bagian yang tak bisa anda lepaskan. Membuat KONTEN berupa artikel, tips, trik, inpirasi, dll
Ini seolah sebagai magnet agar konsumen anda BETAH jadi follower anda. Dan ini juga dilakukan agar semakin dekat, dan TRUST semakin terbangun.

Jika anda jualan melulu, mungkin akan membosankan. Konsumen lama – lama akan jenuh. Akhirnya meninggalkan anda. Menyedihkan 

 

Melakukan pendekatan dengan Audiens

Ini juga perlu anda lakukan. INGAT : Penjualan bisa terjadi karena KEDEKATAN.
Meskipun anda belum mengenal sebelumnya konsumen anda, maka lakukan pendekatan singkat. Seperti membalas komentarnya dengan ramah, menyapanya dengan panggilan yang menyenangkan.

Bersikap cuek, menyebalkan, maka tidak akan terbangun KEDEKATAN. Sehingga, berdampak terhadap PENJUALAN.

 

Jualan dengan foto produk yang menggoda

Ini juga bagian yang sangat penting. Bagaimana orang mau beli jika foto produknya ASAL – ASALAN?

Buat orang tertarik dengan foto produk yang anda buat. Bagaimana membuat foto produk yang menggoda? Ini dibahas di BAB khusus. Tenang saja.. kita akan belajar.

Sekarang, lakukan saja yang anda bisa dan upload foto sebaik mungkin.
Foto yang anda upload utuk pertama kali, minimal 100. Kenapa? Agar follower anda tertarik. Jika foto
yang di upload sangat sedikit, maka akan membosankan, dan kemungkinan bisa ditinggal.

 

Menggiring follower untuk meng-KLIK toko online anda

Anda juga bisa menggiring follower anda untuk mengKLIK toko online anda. Agar traffic toko online anda tinggi.

Dan ingat! Instagram ini social media, yang TREND nya kemungkinan bisa menurun. Maka, amankan follower anda segera dengan menjadikannya DATABASE & Pengunjung toko online.

Menjadi DATABASE bagaimana maksudnya? Ya, konsumen anda di data. Masukan kontak WhatsAppnya, list emailnya, list nomor kontaknya.

Sehingga ketika Instagram ini trend nya menurun, anda masih memiliki DATABASE konsumen.
Dan bisa dikirimi lagi penawaran dari anda. Disinilah saya lebih menyarankan menggunakan TOKO ONLINE

Paling sederhana anda bisa memainkan database WhatsApp.

 

Iklan Berbayar ( IG ADS )

 

Ini bagian yang saya suka dan saya tunggu – tunggu. Anda bisa ngiklan di Instagram secara resmi.
Asiknya, ngiklan di Instagram ini proses nya melalui FB ADS. Dan membayar menggunakan rupiah + melalui ATM Transfer. Sedap ya? Iklan anda bisa diliat puluhan juta orang dan lebih professional. Bisa disesuaikan dengan target market.

Anda juga bisa menggiring orang untuk meng KLIK website anda, bisa juga menayangkan video anda, dll

Sekarang sebelum mulai beriklan, anda bisa seting terlebih dahulu melalui page ( Fans Page ) FB anda. Atur akun Instagram yang akan anda gunakan untuk beriklan.

Klik bagian pengaturan di Fans Page anda. Lalu klik “Iklan Instagram” disebelah kiri anda.

 

 

Kemudian masukan akun Instagram yang akan anda gunakan dalam beriklan nanti.

 

Sekarang tugas anda :
1. Buat akun bisnis anda
2. Cari target market anda jadi follower siapa, kemudian FOLLOW mereka
3. Sebelum follow, pastikan anda sudah posting konten yang bermanfaat supaya TARGET anda mau follback akun anda.
4. Kawinkan akun Instagram anda dengan akun FACEBOOK.

 

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk Instagram Marketing

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Instagram Marketing

Download Gratis Ebook 17 Teknik Closing

T 4 September 2018 F A Maulana

Akhirnya… Rahasia Bagaimana Menutup Penjualan yang Efektif telah Dibongkar! SIAPA LAGI YANG INGIN JAGO JUALAN, CLOSING PELANGGAN TERUS-TERUSAN, PRODUKNYA LAKU KERAS NGGAK KARUAN, TANPA HARUS MENGALAMI BANYAK PENUNDAAN DAN PENOLAKAN? Ebook senilai Rp 249.000 ini bisa Anda dapatkan GRATIS! EBOOK 17... Selengkapnya

Downloas Gratis Aplikasi Whatsapp Robot

T 9 September 2018 F A Maulana

LANGSUNG AJA NICH KALI INI SESUAI DENGAN JANJI SAYA AKAN BERBAGI APLIKASI WHATSAPP ROBOT SECARA GRATIS BUDAYAKAN MEMBACA BIAR GAK BINGGUNG DAN DOWNLOAD 100% GRATIS DISINI TANPA SYARAT Robot  Whatsapp adalah Aplikasi MOD yang diperjual belikan, memang sich tidak ada... Selengkapnya

Tutorial Gratis Kitab Whatsapp Mastery

T 6 September 2018 F A Maulana

Terima Kasih Telah berkunjung Ke Okatanya.com Dan janji saya Video dan Tutorial WA Mastery, Panduan Trik Whatsapp Penggunaan Whatsapp Level PRO.  Sebagian Tutorial Membutuhkan Akses Ke PC/laptop, Dan Sebagian Tutorial Hanya Butuh Perangkat Mobile (HP). Semua tutorial Ini Kami Bagikan... Selengkapnya

+ SIDEBAR


Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk kami.